STOK MELIMPAH, HARGA BAHAN POKOK TURUN 50 PERSEN

No comment 221 views
Women faceAktivitas Pedagang di Pasar Tradisional Masomba. Foto: Taufik

Palu, Faktasulteng.com - Harga bahan-bahan pokok pada bulan September mengalami penurunan, mulai dari cabe, tomat dan bawang. Hal ini disebabkan oleh jumlah barang yang melimpah di pemasok, sehingga banyak pemasok yang mengirimkan barangnya ke pedagang.

Asdar, Salah seorang pedagang di pasar tradisional masomba itu menuturkan sejak senin harga bahan pokok turun drastis.

"Harga cabe keriting turun bulan ini harganya jadi Rp20 ribu/kilo gram, padahal bulan kemarin harganya Rp40-35 ribu/kilo gram. Cabe bulan kemarin harganya Rp40 ribu/kilo gram, sekarang Rp35 ribu/kilo gram", Ungkap Asdar kepada tim Faktasulteng.com, Selasa (12/9/17).

Asdar lanjut menjelaskan harga bawang merah maupun putih juga mengalami penurunan sebanyak 10-5 persen, pada bulan kemarin harga bawang merah berkisar Rp35-40 ribu/kilo gram, sekarang harganya Rp30 ribu/kilo gram. Sedangkan harga bawang putih Rp30 ribu/kilo gram pada bulan ini dan bulan kemarin seharga Rp25 ribu/kilo gram. Harga tomat juga mengalami penurunan dari Rp10-8 ribu/kilo gram menjadi Rp7-6 ribu/kilo gram.


Berbeda dengan rica, bawang dan tomat harga beras tetap konsisten seperti bulan sebelumnya. Penurunan harga beberapa bahan pkok ini disebabkan banyaknya pemasok yang masuk dari luar kota. "banyak pemasok yang masuk dari luar kota, dari Makassar dan Surabaya. Kalau banyak barang di pemasok pasti harga rica, bawang dan tomat juga turun, sebab stok melimpah. Kamipun sebagai pedagang kecil mengalami penurunan pendapatan akibat itu" Keluh Asdar. (Tnh)