Man IC Palu, Bukti Nyata Keseimbangan Ilmu Dunia Dan Akhirat

Women faceSoim Anwar S.Pd.,M.Pd Kepala Sekolah MAN IC PALU. Foto: Tri Setiawan

Palu, Faktasulteng.com - Kementerian Agama Republik Indonesia melalui menteri Agama tahun 2016 per tanggal 16 Agustus Resmi membuka Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendikia (MAN IC) di Kota Palu.

Soim Anwar S.Pd.,M.Pd Selaku Kepala Sekolah MAN IC PALU mengatakan bahwa sekolah yang diinisiasi oleh Prof.,Dr. BJ Habibie yang merupakan Presiden RI ke-7 ini menerapkan prinsip keseimbangan antara penguasaan ilmu dan teknologi dengan iman dan taqwa.

“Seperti sekolah biasanya, kita tentu fokus terhadap kegiatan akademik serta pembinaan agama melalui boarding school”, ujar Anwar kepada Tim Faktasulteng.com, Sabtu (9/9/17).

Lebih lanjut beliau menjelaskan tentang bagaimana proses belajar MAN IC yang berbeda dengan Madrasah-Madrasah lainnya. “Mulai apel pagi, masuk kelas dan belajar pukul 6.45, sholat dhuha, ada makan bersama kemudian lanjut belajar 15.30. Kemudian ada klinik belajar bagi siswa yang terhambat/lambat memahami pelajaran. Juga ada kajian keislaman/taklim/kitab gundul dan ada Qobla Naum (pengantar tidur)”, Ungkapnya.

Tak lupa Soim menyampaikan apresiasinya kepada pemerintah kota palu atas kerjasamanya dengan menghibahkan 10 Hektar tanah dan berharap agar MAN IC Palu terus mendapat perhatian dari pemerintah kota Palu terutama mengenai akses jalan menuju sekolah, penerangan, serta sanitasi.

Secara kualitas, MAN IC bisa dibilang luar biasa. Hal ini bisa tercermin dari sistem perekrutan yang ketat dan berskala nasional mulai dari siswa serta tenaga pengajarnya. Sejak tahun 2010  siswa – siswanya mendapat beasiswa penuh dan parsial di setiap kampus yang ada. (Ts)