Di Wisuda Poltekes Palu, Perindo Minta Tenaga Kesehatan di Prioritaskan

banner 160x600
Women face

Palu, Faktasulteng.com - Ketua DPW Garda Rajawali Perindo (GRIND) Sulteng Andri Gultom meminta kepada Pemerintah untuk memperhatikan nasib tenaga kesehatan. Tenaga kesehatan ini meliputi perawat, bidan dan dokter yang setiap hari melaksanakan tugasnya sebagai pelayan kesehatan masyarakat.

Baca Juga: Aci The Box, Single Baru buat Palu dan Sekitarnya
Baca Juga: Ada Potensi Listrik Terbarukan, Fenomena Banjir Rob di Tompe?

"Tenaga kesehatan perlu menjadi perhatian khusus, bagaimana alumni - alumni tenaga kesehatan di Sulteng bisa diberdayakan sekaligus solusi kebutuhan tenaga kesehatan yang belum tercukupi, " kata Andri Gultom saat menghadiri ramah tamah sekaligus wisuda jurusan keperawatan Poltekes Palu, di restoran kampung nelayan, Kota Palu, Selasa malam (29/8).

Dia menjelaskan, selain memberdayakan para alumni tenaga kesehatan yang ada, Pemerintah juga perlu memperhatikan kesejahteraan para tenaga medis ini.

"Insentifnya harus dinaikan dan fasilitas kesehatan juga harus di penuhi. Dorongan ini adalah upaya untuk meningkatkan pelayanan kesehatan, " kata Bung AG sapaan akrab Andri Gultom.

Politisi muda Partai Perindo ini melihat, banyak alumni dari sekolah kesehatan menjadi pengangguran dan lebih memilih bekerja diluar dari keahliannya. Ia pun menyarankan agar para mahasiswa kesehatan yang sudah selesai melaksanakan studi bisa pulang ke kampung masing-masing, dan membantu atau membangun pelayanan kesehatan di desanya.

"Jadi jangan putus asa, jika tidak dapat kerjaan di kota, anda bisa pulang kampung, bangun klinik ataupun tempat pelayanan kesehatan di desa. Ini lebih bermanfaat, dan bisa membangun desa, " katanya.

Selain itu pula, saran lain adalah memberdayakan perawat melalui dana desa. Hal ini kata dia juga menjadi tanggungjawab Pemerintah desa menyangkut pelayanan kesehatan, dengan memasukan beberapa tenaga kesehatan yang berasal dari desa tersebut untuk diberdayakan.

"Tinggal dilihat, jika regulasinya ada, yah silahkan dilaksanakan. Kita menginginkan pelayanan dibidang kesehatan dan pendidikan harus menjadi prioritas bersama, baik Pemerintah pusat, provinsi, kabupaten bahkan hingga didesa, " ujarnya.

Dalam ramah tamah tersebut hadir pula ketua jurusan keperawatan Poltekes Palu, ratusan mahasiswa dan para dosen. (***)