Aksi heroik dosen di Palu tambal jalan berlubang disiang bolong

banner 160x600
Women face
Palu, Faktasulteng.com -  Resah dengan keadaan jalan yang rusak dan berlubang-lubang, Aksi  heroik kemudian dilakukan oleh pria paruh baya di Palu. 
 
Pria paru baya ini berinisiatif menambal jalan rusak menuju sekolah dan rumah sakit di Palu dengan tangannya sendiri. 
Sambil memuat bahan material di mobil miliknya. 
 
Warga setempat yang tidak sengaja melintas kemudain merekam aksi Heroik pria yang diketahui berprofesi sebagai Dosen di Universitas Tadulako Palu. 
 
Sontak vidio aksi heroiknya itu menjadi viral di media sosial. Beragam pujian serta apresiasi di tuliskan oleh warganet di kolom komentar vidio dosen tersebut. 
 
Salah satunya Akun Facebook milik Thiny Castillo, ia mengunggah foto serta vidio aksi heroik itu dan ia menuliskan, "Bangga dan sangat terinspirasi oleh sosok Dosenku ini,  trimaksih bapak ilmu dan didikannya..#Mylecture #Untad," tulisnya.
 
Begitupula halnya dengan akun instagram @Info_Palu, mengunggah vidio aksi heroik sang dosen.  Hingga saat ini susah lwbih dafi 5 ribu suka serta ratusan komentar membanjiri akun tersebut. 
 
Dalam vidio berdurasi 31 detik itu, sang Dosen menambal jalan rusak dengan tangannya sendiri di bawah terik matahari kota Palu. Ia telah menyiapkan sendiri semua bahan dari rumah seperti batu, semen dan pasir.
 
Ia mengaku malukan itu karena jalan tersebut dilaluinya setiap pagi hari saat mengantar cucunya ke sekolah. Sebenarnya, bukan hanya karena ia dan cucunya merasa tak nyaman melalui jalan itu sehingga ia memiilih memperbaiki jalan rusak tersebut. 
 
Ia berfikir lebih antisipatif terhadap orang lain, sebab jalan tersebut menjadi salah satu akses menuju Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Undata Palu.
 
“Kasihan juga kalau ada orang yang mau lewat sini ke rumah sakit,” katanya, seperti dikutip dari postingan foto seorang netizen di akun facebok Marfian An Arfah, Selasa (30/01/2018)
 
Dari informasi yang dihimpun, dosen tersebut adalah salah satu staf pengajar di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Tadulako (Untad), Program Stusi Pendidikan Bahasa Inggris, bernama Andi Basso Palawa.
 
Dari rumahnya, ia sudah menyiapkan batu, semen dan pasir. Sampai di titik jalan rusak tersebut, ia langsung turun dan mengerjakan sendiri proses penambalan jalan tersebut.
 
Jalan ini diketahui menghubungkan Jalan Soekarno Hatta menuju Kilometer Lima di sebelah barat Jalan Trans Sulawesi arah Kota Palu.
 
Di jalan ini terdapat beberapa fasilitas umum berupa sekolah dan rumah sakit. Inilah yang menurut Basso, menjadi pertimbangannya untuk berinisiatif. (Ap)
 
 
Saksikan Vidio Pilihan Berikut Ini: