Ada Potensi Listrik Terbarukan, Fenomena Banjir Rob di Tompe?

banner 160x600
Women faceBanjir Rob yang trjadi di Desa Tompe. Foto: Facebook Mochtar Marhum.

Faktasulteng.com, Palu - Pasca Gempa 7,2 SR dan Tsunami serta Liquifaksi yang melanda Kota Palu, Donggala, Sigi dan sekitarnya banyak fenomena alam yang tidak biasanya terjadi, seperti bergesernya bibir pantai yang terdampak tsunami, serta lembeknya permukaan tanah di lokasi Liquifaksi Petobo.

Baca Juga: Aci The Box, Single Baru buat Palu dan Sekitarnya
Baca Juga: MDMC Bangun 1000 Hunian Sementara di Sulteng

Tidak hanya itu, beberapa wilayah di pesisir pantai Kabupaten Donggala diketahui mengalami penurunan, sehingga mengakibatkan air laut menggenangi pemukiman warga (Banjir Rob) seperti yang terjadi di Tompe.

Faktanya selain mememiliki dampak negatif, ternyata fenomena pasang-surut Air Laut bisa dimanfaatkan sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Pasang-Surut (PLTps). Fenomena Banjir Rob yang terjadi di Desa Tompe, Kecamatan Seranja, Kabupaten Donggala bukan tidak mungkin berpotensi sebagai sumber tenaga listrik baru bagi Sulawesi Tengah.

 

Dam De La Rance PLTps Pertama di Dunia.

Dam De La Rance di Prancis adalah proyek yang dibangun pertama kali yang memanfaatkan fenomena pasang-surut air laut dalam skala besar sejak 1966. Pembangkit ini memanfaatkan air sungai Rance di Barat Laut Prancis. Pembangkit ini memiliki kapasitas instalasi 240 MW yang didapat dari 24 turbin dengan produksi listrik tahunan mencapai 600 GWh.

1542016386-Fakta Sulteng-tidal power bridge jxpdqw

(Dam De La Rance di Perancis, pembangkit listrik tenaga pasang surut pertama di dunia yang dibangun tahun 1966. Photo copyrights of Energy BC Canada http://www.energybc.ca/tidal.html)
 
 
Larantuka Menjadi Proyek PLTps pertama di Indonesia.
 
Sementara di Indonesia Proyek ini Juga mulai di Kembangkan. Dilansir dari pikiran-rakyat.com Pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral atau ESDM akan membangun pembangkit listrik tenaga arus laut atau PLTAL di Selat Larantuka, Nusa Tenggara Timur dan mengklaim proyek ini adalah pertama di Indonesia bahkan terbesar di Dunia.
 
1542017559-Fakta Sulteng-listrik arus laut
Ilustrasi. Foto:http://www.pikiran-rakyat.com
 
"Ini (PLTAL) merupakan pembangkit listrik tenaga arus laut pertama dan terbesar di dunia meskipun listrik yang dihasilkan mencapai 20 MW," ujar Menteri ESDM Ignasius Jonan saat meninjau lokasi rencana pembangunan PLTAL di Jembatan Pancasila-Palmerah, Flores Timur, Nusa Tenggara Timur, Sabtu 31 Maret 2018 lalu.
 
 
 
 
.